Tips Belajar Efektif

Musim liburan sudah berlalu sekarang waktunya balik lagi ke sekolah. Ada baiknya
kamu buat persiapan yang baik buat satu semester ke depan. Persiapannya itu bukan
hanya masalah buku tulis atau baju seragam saja, bahkan ada yang lebih penting lagi.
Pertama, tentukan target kamu di semester ini apa trus buat jadwal harian yang isinya
langkah-langkah menuju target tersebut. Nah, supaya target belajarmu lebih cepat golnya,
simak deh tips-tips dari teman kamu di seluruh dunia soal belajar yang efektif.

1.

Seorang teman dari Amerika memberi saran belajar yang dia dapat dari ayahnya.
Hari pertama sekolah, ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca
singkat dua halaman materi berikutnya buat cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran
tersebut diterangkan guru esoknya, kamu sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal
menambahkan saja apa yang belum kamu tahu. Jadi begitu pulang sekolah, kamu hanya
mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.

2.

Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yang kamu dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu kamu menghapal ulang pelajaran.

3.

Beberapa temanmu merekomendasikan untuk mengetik ulang catatan pelajaran ke
dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan
membaca ulang pelajaran yang baru saja kamu dapat dari sekolah. Materi yang diulang
tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo
kamu mau membaca kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik. Susah
lupanya!

4.

Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat
kesimpulan dengan kata-katamu sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis
kesimpulan kamu tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut
efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.

5.

Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang
berbeda pada setiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu
ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.

6.

Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnya lagi, kamu menjadi lebih paham akan materi tersebut.

7.

Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling nggak sebulan
sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan
masalah. Caranya : selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau
perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

8.

Ada beberapa temanmu di Australia yang menyukai waktu belajar di siang hari.
Maklum, badan masih segar setelah tidur cukup di malam hari, jadi semangat masih
tinggi. Kondisi yang bagus tersebut tidak mereka sia-siakan begitu saja. Pagi mereka
konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya konsentrasi untuk mengulang
kembali. Malam hari hanya mereka gunakan untuk mengerjakan aktifitas ringan atau
pekerjaan rumah. Jadi tidak pernah ada kata begadang. Boleh juga tuh!

9.

Kalau badan capek, bakal susah buat konsentrasinya. Beberapa temanmu
menyarankan untuk libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari
menjelang ulangan umum.

10.

Belajar sambil mendengarkan musik memang asik. Pilih musik yang tenang tapi
menggugah. Musik klasik macam Beethoven ato Mozart bisa dicoba. Musik tipe ini
cocok banget buat menemani kamu selama mengerjakan tugas yang jawabannya sudah
pasti, kayak matematika, ilmu alam atau bahasa asing. Dijamin stamina belajarmu akan
selalu berisi dan penuh semangat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s